Cara Membuat Situs Iklan di Blog WordPress

Iklan atau advertising merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam bisnis online. Tujuannya adalah mengenalkan dagangan, baik produk atau pun service, kepada publik. Dalam bisnis offline periklanan ini punya peranan yang sangat penting. Jutaan dollar digelontorkan para produsen ke sektor periklanan ini setiap tahunnya.

Dalam bisnis online pun peran advertising juga penting. Selain untuk publisitas, imaging, branding, dan positioning, juga untuk menanam backlink. Inilah salah satu kelebihan dari advertising online bila dibanding dengan cara tradisional. Yakni mampu memberikan backlink ke situs pemasangnya.

Kondisi seperti itulah yang membuat situs periklanan berkembang pesat. Baik yang mematok tarif tinggi, mau pun yang gratisan. Banyak juga yang menggabungkan keduanya sekaligus, gratis dan berbayar. Apalagi sekarang ini membuat situs iklan semakin gampang, cukup dengan blog WordPress yang dipasangi plugin iklan baris.

Bisa menjadi blog mesin uang

CafeBisnis Online yang selalu inovatif telah menyempurnakan produknya, Plugin WIB (Cafebisnis WordPress Iklan Baris). Produk itu berupa plugin yang bila ditempelkan ke blog WordPress bisa menyulap blog biasa menjadi Situs Iklan Baris (SIB). Yang istimewa, plugin WIB ini punya kemampuan untuk menyaring iklan yang dimasukkan oleh para visitor.

Para pemasang iklan itu memang bermacam-macam, baik orang biasa maupun spammer yang menggunakan mesin otomatis. Untuk mencekal (cegah dan tangkal) para spammer itu, WIB menggiring masukan iklan ke dalam database internal. Iklan itu baru bisa ditampilkan SIB setelah pemasangnya melakukan aktivasi melalui email. Maka di SIB hanya berisi iklan yang bertanggung jawab,dan bisa juga menjadi pengumpul kontak (list building).

Di Situs Iklan Baris itu ada bagian yang gratis, ada juga bagian iklan yang berbayar. Jadi punya potensi untuk menghasilkan uang, atau menjadi blog mesin uang. Income bisa datang dari pemasangan iklan premium, banner maupun link di posisi yang strategis. Tarifnya pun bervariasi, tergantung kepada pemiliknya dan tarif yang berlaku di SIB pesaing.

Cara membuat Situs Iklan Baris

Pertamakali siapkanlah blog WordPress baru, kalau belum bisa downloadlah ebook panduannya gratis. Boleh pakai domain dan hosting berbayar, maupun yang gratisan, asal harus bisa mengatur hostingya sendiri. Jadi blog gratis seperti yang di WordPress.com itu tidak bisa dipakai, karena kita tidak bisa memasang plugin sendiri.

Setelah blogmu siap, masuklah ke dashboard dengan login ke site admin. Pada menu Plugins, pilihlah Ad new, lalu Upload. Dan pada kotak tersedia tulislah nama pluginnya, cb-wib 1.1, lalu aktifkan.

Kemudian buatlah 2 halaman baru untuk form kontak dan form pasang iklan. Caranya dengan masuk ke menu Pages, Ad New. Pada tiap halaman itu masukkan kodenya saja. Yakni [wib_kontak] dan [wib_pasang] pada masing-masing halaman. Di bawahnya juga boleh kamu tulis keterangan yang dianggap perlu.

Berarti selesai sudah pembuatan Situs Iklan Barismu. Lalu bisa ditest dengan memasang iklan melalui form pasang iklan. Dan periksalah di emailmu, lakukan aktivasi pada link yang terkirim. Kalau semuanya beres, iklanmu bisa tampil di halaman Situs Iklan Barismu.

Kalau kamu mau memasang iklan berbayar, ya buatlah halaman tarif iklan premium. Berisi ketentuan yang berlaku di Situs Iklan Barismu. Misalnya bentuk iklan, besarnya, tarifnya, letaknya, dsb. Untuk lebih gamblangnya, lihat saja contoh jadinya di Holobis Info Bisnis.

Produksi CafeBisnis Online

Plugin WIB (Cafebisnis WordPress Iklan Baris) ini adalah produksi Cafebisnis. Jadi untuk mendapatkannya secara gratis harus menjadi member premium CafeBisnis Online. Daftarnya disini. Namun sebagai free member pun kamu bisa mengunduh berbagai ebook yang digratiskan. Antara lain adalah buku Panduan WordPress 3.0 yang komplit untuk membangun dan mengoptimalkan blog WordPressmu.

Tinggalkan komentar